Rekreasi dengan Anak Melibatkan Alam

21 Jun '12

Kesibukan, efisiensi waktu dan ingin serba praktis sering kali membuat orangtua memberikan hal yang dianggap simpel, namun tetap bisa memberikan kegembiraan bagi anak. Jadilah kini tiap datang hari liburan, cara termudah menghabiskan waktu bersama anak adalah jalan-jalan ke mall. Terlihat dari jumlah pengunjung mall yang padat oleh keluarga di hari liburan. Alasan pada umumnya adalah, lokasi terjangkau, praktis, segala tersedia dan anak-anak pun terlihat gembira. Akan tetapi, sebenarnya banyak lho alternatif lain yang dapat memberikan anak makna kehidupan agar ia lebih dekat dengan bumi tempatnya tinggal, yaitu kegiatan yang langsung bersentuhan dengan alam sekitar.

Simak beberapa pilihan berikut ini. Siapa tahu bisa dijadikan ide yang murah meriah dan pasti tidak kalah menarik dan membuat anak bersenang hati:

  1. Ajak anak Anda ke taman di sekitar kota Anda. Di kesempatan ini Anda bisa menunjukkan nama bermacam-macam pohon dan bunga. Bermacam-macam bentuk daun, bunga, buah, akar, yang tidak langsung juga memberikan pelajaran alam padanya. Merasa kurang seru hanya berjalan-jalan? Bawalah tikar dan makanan ringan supaya Anda dan anak dapat bersantai-santai sejenak di taman.
  2. Wisata ke museum. Terdapat banyak museum, misalnya di Jakarta, seperti museum Gajah, Tekstil, Wayang dan sebagainya. Ini akan memperluas wawasannya tentang sejarah budaya dan menambah pemahaman akan lingkungan sekitar.
  3. Berkunjung ke kebun binatang. Melihat berbagai macam satwa dan memberikan makan pada satwa jinak juga memberikan pelajaran mengenai alam dan menceritakan anak berbagai makhluk hidup yang ada menempati isi bumi.
  4. Berkemah. Jika Anda mau berusaha sedikit ekstra, Anda pun bisa melakukan ini. Carilah tempat yang tersedia lapangan luas dan bisa digunakan untuk umum, misal wisata ke kaki gunung atau perkebunan. Bawalah tenda (Anda bisa menyewanya jika tidak punya) dan bermalam bersama anak. Atau kini banyak program-program liburan ke luar kota dengan menginap di tenda yang sengaja dibuat untuk keperluan wisata. Anda dan anak dapat merasa tidur lanngsung di atas rumput beratapkan langit. Tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan!
  5. Kuliner makananĀ  tradisonal. Ajak anak Anda ke pasar tradisonal untuk mencicipi rasa jajan pasar, minuman cendol, nasi uduk, kue cubit atau apa saja makanan tradisonal di daerah Anda. Dengan harga terjangkau, anak mendapat pengalaman baru dan melihat situasi pasar tradisional berbaur dengan berbagai macam orang.
  6. Wisata alam. Mengunjungi kebun raya, sawah, perkebunan teh dan sebagainya kini mudah dijangkau. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau sewaan menuju ke lokasi dan menikmati aktivitas layaknya petani atau pemilik kebun sungguhan. Cari tahu daerah wisata semacam ini di lokasi sekitar kediaman Anda.
  7. Melihat peninggalan nenek moyang. Peninggalan tersebut bisa berupa bermacam-macam candi. Bisa juga bangunan-bangunan tua dengan arsitektur budaya, seperti rumah tradisional Toraja. Anak Anda pun dapat mengagumi peninggalan zaman dahulu serta kekayaan budaya Indonesia yang diturunkan dari generasi ke generasi.
  8. Bermain di pantai. Cari pantai terdekat dari rumah Anda. Lalu ajak si kecil bermain istana pasir. Kegiatan menyenangkan ini dapat merangsang kreativitas si kecil. Selain itu, Anda bisa mengajaknya untuk berani berenang di lautan lepas sampai mengenal bermacam-macam kerang.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi para orangtua yang merasa bahwa sedikit tempat yang menjadi pilihan untuk mengajak buah hati Anda berekreasi. Tinggal bagaimana Anda saja, mau atau tidak sejenak meluangkan waktu dan kehadiran sepenuh hati Anda buat anak-anak tercinta mengenal Bumi ini lebih jauh. Tidak hanya seputar yang terpampang sehari-hari di dekat mereka saja.

No comments yet

Leave a Reply