Memaknai bulan Puasa bersama Sang Buah Hati

19 Jul '12

Pada umumnya, baik bagi umat yang menjalankan ibadah puasa ataupun tidak, bulan ini terasa ada yang berbeda. Bagaimana tidak, hampir seluruh aktivitas mengalami perubahan. Yuk orangtua, coba kita cermati hal-hal apa saja yang bisa kita optimalkan dari beberapa perubahan yang ada dan apa peranan Anda bagi perkembangan sang buah hati. Ini dia!

  1. Aspek Rutinitas Pribadi

Rutinitas Anda dan sang buah hati tentu mengalami perubahan, khususnya yang berkaitan dengan perubahan jadwal masuk dan pulang kerja (bagi Anda) dan sekolah (bagi anak Anda). Bagi Anda yang menjalankan puasa, Anda pun biasanya punya tugas tambahan untuk menyiapkan hidangan sahur dan berbuka. Bagi anak Anda, perubahan yang terjadi merupakan kesempatan bagi Anda untuk menanamkan bagaimana melenturkan kemampuan fleksibelitas dalam menghadapi situasi yang berbeda, di sisi lain juga mengajarkan disiplin mentaati waktu yang diterapkan (bangun saat sahur, berbuka saat adzan Maghrib, dsb).

  1. Aspek Sosial

Coba perhatikan deh, di bulan ini biasanya silaturahmi menjadi semakin kental. Ada saja tetangga yang membawakan hantaran atau sekedar berkunjung. Kegiatan bersama teman-teman pun otomatis meningkat tajam, seperti buka puasa bersama, bakti sosial dsb. Ini kesempatan untuk menunjukkan pada anak cara menjaga relasi hangat pada setiap pihak, pentingnya hidup dalam kebersamaan, berbagi dan mengasihi. Bagi Anda dan keluarga yang tidak berpuasa, Anda pun dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan Anda bertoleransi. Dari sini, anak pun akan memahami pentingnya menghargai perbedaan. Rukun tidak harus selalu sama. Keberagaman dalam harmoni-lah yang membuat suasana terasa lebih indah.

  1. Aspek Finansial

Sering kali pada bulan ini banyak keluhan orangtua atas berbagai pengeluaran yang melonjak, baik pada Anda yang berpuasa atau pun tidak. Bagaimana tidak, dimana-mana terlihat jajanan semakin marak. Tergiurnya sang anak akan berbagai hal yang menarik, mulai dari hidangan berbuka yang menggugah selera, ragam permainan dan kegiatan menunggu waktu berbuka, hingga tawaran menarik lain yang mulai dari penjaja pinggir jalan hingga mall. Dan tentunya tradisi memakai serba baru menyambut Lebaran. Semua kembali pada Anda, dimana peran Anda-lah dapat membentuk pola konsumtif anak Anda kelak. Diperlukan ikatan yang kuat, komunikasi yang baik, contoh dari Anda langsung pada sang buah hati mengenai bagaimana membelanjakan dan menyisakan uang. Ini saat yang tepat untuk mempraktekkannya!

  1. Aspek Ibadah

Tentu dalam bulan ini kesempatan beribadah meningkat. Waktu yang baik bagi Anda bersama keluarga untuk bersama-sama menjalankan ibadah bersama. Bukan hanya dalam bentuk ritual, tapi juga ibadah sebagai suatu tuntunan penaanaman akhlak dan bersikap terhadap sesama. Mengatur waktu dan disiplin diri, berbagi cinta dan perhatian, peduli kepada yang kurang mampu, mempererat silaturahmi, , membantu orang lain, dan banyak sekali hal yang bisa Anda “tularkan” pada anak. Bagi yang tidak berpuasa, ini pun kesempatan baik bagi Anda untuk menanamkan nilai saling menghargai, menghormati dan tetap menunjukkan perhatian dengan siapapun itu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk orangtua, jadikan bulan puasa ini penuh makna, mempertebal penanaman nilai moral dan berperilaku untuk diri kita pribadi dan tentunya bagi anak-anak kita tersayang.

 

*seperti sudah dimuat di website LG Indonesia, 2011

No comments yet

Leave a Reply